Perawatan dan Pengobatan Kanker Ginjal

Jika seseorang yang terdiagnosis atau tervonis mengidap kanker ginjal, ketika melakukan suatu pemeriksaan, maka dokter akan mengajurkan dan menyarankan melakukan perawatan dan pengobatan dari kanker ginjal, sebagai berikut :

1. Pemeriksaan Fisik. Dokter memeriksa tanda-tanda kesehatan umum dan mengujinya untuk demam dan tekanan darah tinggi. Dokter juga akan meraba perut dan pinggang untuk memastikan adanya gejala tumor.

2. Tes Urin. Dokter akan melakukan tes urin untuk memastikan adanya gejala tumor.

3. Tes Darah. Laboratorium memeriksa darah untuk melihat seberapa baik ginjal bekerja. Laboratorium mungkin memeriksa tingkat dari beberapa senyawa, seperti creatinine. Tingginya tingkat creatinine akan mengakibatkan ginjal tidak bekerja secara normal.

4. Intravenous Pyelogram (IVP). Dokter menyuntikkan zat warna suatu vena di lengan. Zat warna berjalan melalui tubuh dan berkumpul di ginjal. Zat warna itu lalu terlihat pada sinar X. Rentetan cahaya dari sinar X kemudian menjajaki zat warna yang bergerak melalui ginjal menuju kantung kemih.

5. CT Scan. Mesin sinar X yang dihubungkan dengan computer mengambil serentetan gambar ginjal secara terperinci. Pasien menerima suntikan dari zat warna sehingga ginjal terlihat jelas di dalam gambar-gambar tersebut.

6. Tes Ultrasound. Alat ultrasound bekerja dengan menggunakan gelombang-gelombang suara yang tidak dapat didengar oleh orang. Gelombang-gelombang suara memantul balik dari ginjal, dan computer menggunakan gema-gema untuk menciptakan gambar yang disebut sonogram.

7. Biopsy. Biopsy adalah pengangkatan jaringan untuk mencari sel-sel kanker. Jarum tipis dimasukkan melalui kulit ke dalam ginjal untuk mengangkat sampel jaringan. Jarum itu dipandu dengan menggunakan ultrasound atau sinar X.

8. Operasi. Dalam kebanyakan kasus, berdasarkan hasil dari CT Scan, ultrasound, dan sinar X, dokter merekomendasikan operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh ginjal. Seorang ahli patologi lalu membuat diagnosis akhir dengan memeriksa jaringan dengan menggunakan mikroskop.

E. Perawatan Kanker Ginjal dan Efek Sampingnya

Para penderita kanker ginjal bisa dirawat dengan operasi, arterial embolization, terapi radiasi, terapi biologi, maupun kemoterapi. Bisa juga dengan kombinasi dari jenis-jenis perawatan tersebut.

Pada setiap stadium penyakit, para penderita kanker ginjal mungkin mempunyai perawatan untuk mengontrol nyeri dan gejala-gejala lain, untuk menghilangkan efek-efek samping terapi, dan untuk meringankan persoalan-persoalan emosi dan praktis. Jenis perawatan ini disebut perawatan pendukung, manajemen gejala, atau perawatan yang meringankan.

1. Operasi

Operasi adalah perawatan yang paling umum untuk kanker ginjal. Perawatan jenis ini merupakan suatu tipe dari terapi local yang dilakukan dengan merawat kanker ginjal dan area yang dekat pada tumor.

Operasi untuk mengangkat ginjal disebut nephrectomy. Adapun tipe operasi pengangkatan ginjal ini tergantung pada stadium dari tumor yaitu :

– Radical Nephrectomy. Ahli bedah mengangkat seluruh ginjal bersama kelenjar adrenal dan beberapa jaringan di sekitar ginjal. Beberapa simpul getah bening di area itu juga diangkat.

– Simple Nephrectomy. Ahli bedah hanya mengangkat ginjal. Biasanya, tindakan ini dilakukan pada penderita kanker ginjal stadium I.

– Partial Nephrectomy. Ahli bedah hanya mengangkat bagian dari ginjal yang mengandung tumor. Operasi ini dilakukan ketika seseorang itu hanya mempunyai satu ginjal, ketika kanker sudah memengaruhi kedua ginjal, maupun penderita yang ukuran tumor ginjalnya kurang dari 4 cm atau 3/4  inci.

Efek samping dari operasi adalah lamanya waktu untuk sembuh. Lama waktu yang diperlukan untuk kesembuhan pun berbeda untuk setiap orang. Pasien sering tidak nyaman selama beberapa hari pertama meskipun telah menggunakan obat penghilang nyeri.

2. Arterial Embolization

Arterial Embolization adalah tipe terapi local yang menyusutkan tumor dan dilakukan sebelum tindakan operasi. Tujuannya adalah agar operasi dapat berjalan lebih mudah. Ketika operasi tidak mungkin dilakukan, maka embolization digunakan untuk membantu menghilangkan gejala-gejala kanker ginjal.

Cara ini dilakukan dengan memasukkan tabung yang sempit ke dalam suatu pembuluh darah di kaki. Tabung dialirkan ke atas hingga ke pembuluh besar utama atau arteri ginjal yang menyediakan darah pada ginjal. Dokter lalu menyuntikkan suatu senyawa ke pembuluh darah untuk menghalangi aliran darah ke dalam ginjal.

Setelah arterial embolization penderita biasanya merasakan nyeri punggung atau mengalami demam. Efek-efek lainnya adalah mual dan muntah. Namun masalah-masalah ini bisa segera menghilang

3. Terapi Radiasi

Terapi radiasi (radioterapi) adalah tipe lain dari terapi local yang menggunakan sinar bertenaga tinggi untuk membunuh sel-sel kanker, serta memengaruhi sel-sel kanker di area yang dirawat. Pasien mendapatkan perawatan di rumah sakit atau klinik dalam lima hari setiap minggu selama beberapa minggu.

Efek samping dari terapi radiasi tergantung pada jumlah radiasi yang diberikan dan bagian dari tubuh yang dirawat. Pasien bisa menjadi sangat lelah selama terapi radiasi, terutama pada minggu-minggu pertama perawatan.

Terapi radiasi pada ginjal dan area-area yang berdekatan memungkinkan terjadinya mual, muntah, diare atau tidak nyaman ketika kencing. Selain itu juga menyebabkan kekurangan jumlah sel darah putih sehat yang sebenarnya membantu melindungi tubuh terhadap infeksi. Efek lainnya kulit di area yang dirawat akan memerah, kering dan peka

4. Terapi Biologi

Terapi biologi adalah suatu tipe dari terapi sistematis atau terapi yang menggunakan senyawa-senyawa yang berjalan melalui aliran darah, mencapai dan memengaruhi sel-sel di seluruh tubuh. Terapi biologi menggunakan kemampuan alamiah tubuh atau system imun untuk melawan kanker

Terapi biologi mungkin menyebabkan gejala-gejala seperti flu, kedinginan, demam, nyeri-nyeri otot, kelemahan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah dan diare. Pasien-pasien juga mungkin memperoleh suatu ruam kulit atau skin rash. Persoalan-persoalan ini dapat menjadi parah, namun mereka menghilang setelah perawatan dihentikan.

5. Kemoterapi

Kemoterapi adalah tipe dari terapi sistematis dengan menggunakan obat-obatan. Obat-obatan anti-kanker memasuki aliran darah dan mengalir ke seluruh tubuh. Meskipun berguna untuk kanker-kanker yang lain, obat-obat tersebut telah menunjukkan penggunaan yang teratas terhadap kanker ginjal.

Efek samping dari kemoterapi tergantung pada obat-obatan spesifik dan jumlah yang diterima. Pada umumnya, obat-obatan anti-kanker memengaruhi sel-sel yang membelah secara cepat, terutama sel-sel darah. Sel-sel ini melawan infeksi, membantu darah untuk menggumpal atau membeku, dan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ketika obat-obatan mempengaruhi sel-sel darah, pasien lebih mudah mendapat infeksi, memar berdarah, juga merasa sangat lemah dan lelah.

Kemoterapi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Rambut tumbuh kembali, namun adakalanya rambut yang baru memiliki warna dan tekstur yang agak berbeda.

Kemoterapi dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk, mual dan muntah, diare, atau luka-luka mulut dan bibir. Namun, efek-efek samping ini dapat dikontrol dengan menggunakan obat-obatan.

6. Nutrisi

Pasien perlu makan dengan baik selama terapi kanker. Kecukupan kalori dibutuhkan untuk menjaga berat badan dan protein untuk mempertahankan kekuatan. Nutrisi bisa membuat penderita kanker merasa lebih baik dan mempunyai lebih banyak energy. Masalahnya, pasien kanker sering kali sulit untuk makan karena tidak merasa nyaman atau lelah.

Cara Pemesanan Kapsul Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme)

Jual Kapsul Keladi Tikus Obat Herbal Tradisional Untuk Pengobatan Kanker, Tumor & Kista

Harga Keladi Tikus

Harga Keladi Tikus ( Typhonium Flagelliforme ) Obat Kanker Ginjal

Harga Kapsul Keladi Tikus 1 Botol isi 60 kapsul = Rp.115.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Harga Paket Hemat Keladi Tikus ( Typhonium Flagelliforme ) Obat Kanker Ginjal

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Kapsul Keladi Tikus:

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Keladi Tikus, Jumlah Botol yang dipesan atau beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.