Kanker Ginjal dan Faktor Resikonya

Ginjal merupakan sepasang organ pada setiap sisi dari tulang belakang di dalam perut bagian bawah. Setiap ginjal berukuran sebesar kepalan tangan, dan pada puncak dari setiap ginjal melekat suatu kelenjar yang bernama kelenjar adrenal.

Ginjal adalah bagian dari saluran air seni atau kencing yang memudahkan pengeluaran kotoran dan kelebihan air dari darah. Urin berkumpul di dalam suatu ruang berongga (renal pelvis) di tengah setiap ginjal. Urin mengalir dari ruang berongga itu ke dalam kantung kemih melalui satu tabung yang disebut urete dan urin meninggalkan tubuh melalui tabung lain yang bernama urethra.

Skema ginjal manusia

Ginjal yang menghasilkan senyawa-senyawa yang membantu mengontrol tekanan darah dan produksi dari sel-sel darah merah. Beberapa tipe kanker bisa dimulai dari ginjal. Adapun tipe-tipe kanker ginjal antara lain:

1.  Renal adenocarcinoma atau Hypernephroma. Tipe ini adalah yang paling umum dari kanker ginjal yang terjadi pada orang dewasa.

2.  Transitional Cell Carcinoma. Tipe ini memengaruhi renal pelvis. Renal pelvis serupa kanker kantung kemih.

3.  Wilms Tumor. Tipe ini adalah yang paling umum dari kanker ginjal masa anak-anak. Kanker ini berbeda dari kanker ginjal orang dewasa dan memerlukan perawatan yang berbeda.

Ketika kanker ginjal menyebar keluar dari ginjal, sel-sel kanker seringkali ditemukan di simpul-simpul getah bening yang berdekatan. Kanker ginjal juga mungkin menyebar ke paru-paru, tulang-tulang, atau hati. Bahkan dari satu ginjal ke ginjal lainnya.

A.  Faktor-Faktor Resiko Kanker Ginjal

Kanker ginjal paling sering berkembang pada orang-orang yang berumur 40 tahun ke atas, tapi tidak seorangpun mengetahui penyebab-penyebab yang pasti dari penyakit ini. Dokter bahkan jarang bisa menjelaskan penyebab seseorang menderita kanker ginjal dan orang lainnya tidak. Tidak seorang pun dapat menerima penyakit ini dari orang lain.

Namun demikian, ada sejumlah faktor yang memengaruhi munculnya kanker ginjal, yaitu :

1. Merokok. Merokok adalah faktor resiko utama. Para perokok dua kali lebih mungkin menderita kanker ginjal daripada bukan perokok. Orang yang menyukai rokok cerutu bahkan bisa menderita kanker ginjal paling parah.

2. Obesitas. Orang-orang yang mengalami kegemukan mempunyai resiko yang lebih tinggi dari mereka yang tidak kegemukan

3. Hipertensi. Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah faktor resiko yang termasuk pokok.

4. Dialysis Jangka Panjang. Dialysis adalah perawatan untuk orang-orang yang ginjalnya tidak bekerja dengan baik. Dialysis akan mengeluarkan pembuangan-pembuangan dari darah.

5. Von Hippel-Lindau (VHL) Syndrome. VHL adalah penyakit yang jarang beredar pada beberapa keluarga dan disebabkan oleh perubahan dalam gen VHL. Suatu gen VHL yang tidak normal dapat meningkatkan resiko kanker ginjal, juga menyebabkan kista atau tumor di mata, otak dan bagian-bagian tubuh lainnya. Penderita sindrom ini bisa melakukan tes pemeriksaan terhadap kemungkinan gen VHL yang tidak normal, dokter akan menyarankan cara untuk memperbaiki pendeteksian kanker ginjal dan penyakit-penyakit lain sebelum gejala-gejalanya berkembang.

6. Jenis Kelamin. Laki-laki dimungkinkan lebih banyak menderita kanker ginjal daripada perempuan. Di AS. Sekira 20.000 laki-laki dan 12.000 perempuan menderita kanker ginjal dalam setiap tahun.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.