Gejala Kanker Ginjal

Gejala Kanker Ginjal – Ginjal salah satu organ tubuh yang penting karena ginjal akan menyaring kotoran yang ada pada darah untuk dikeluarkan oleh tubuh menjadi urine. Setiap manusia memiliki dua ginjal yang besarnya seperti kacang jadi sudah dapat di bayangkan ginjal yang sangat kecil tetapi fungsinya sangat besar. ada banyak masalah pada ginjal yang bisa terjadi apabila kesehatan tidak dijaga dengan baik seperti gagal ginjal yang menyebabkan salah satu atau kedua ginjal tidak berfungsi dengan baik. gagal ginjal sudah tergolong penyakit yang berbahaya tetapi ternyata ada lagi jenis penyakit ginjal yang lebih parah yaitu kanker ginjal. seperti yang sudah diketahui bahwa kanker bisa menyerang semua organ tubuh tidak terkecuali ginjal. ginjal bisa terserang kanker sehingga ginjal tidak berfungsi dengan baik lagi. tumbuhnya sel yang tidak normal awal terjadinya kanker ginjal. dan biasanya tidak kedua jenis ginjal yang terserang ginjal tetapi hanya salah satunya meskipun begitu bahaya juga untuk tubuh.

Penyakit kanker ginjal bisa terjadi oleh siapa pun tetapi banyak ditemui penderita kanker ginjal dari kalangan usia lanjut sekitar usia 50 tahun. Ada banyak tahapan penyakit ginjal yang bisa terjadi yang membedakannya adalah ukuran dan juga penyebaran kanker ginjal. tahapan dibedakan dari abjad yaitu dari huruf F sampai dengan huruf M.gagalginjal

  • T1a (apabila diameter tumor masih kurang dari 4 cm).
  • T1b (apabila diameter tumor telah mencapai ukuran 4 sampai 7 cm).
  • T2 (apabila diameter tumor sudah lebih dari 7 cm namun belum menyebar keluar ginjal).
  • T3a (apabila tumor telah menjalar ke lapisan lemak di sekeliling ginjal atau telah menjalar ke kelenjar adrenal).
  • T3b (apabila tumor telah menjalar ke dalam pembuluh balik ginjal atau ke pembuluh balik utama/vena cava).
  • T3c (apabila penyebaran tumor telah melewati diafragma).
  • T4 (apabila penyebaran tumor telah melewati lapisan jaringan keras yang melindungi ginjal).

Untuk tahapan setelah T ada hufuf N, kondisi kanker ginjal yang diawali dengan huruf N menandakan bahwa sel kanker sudah mulai menyebar ke nodus limfa yang letaknya tidak jauh dari ginjal. N0 tanda bahwa belum menyebar ke limfa, N1 sampai dengan N2 yang berarti kanker ginjal sudah menyebar ke nodus limfa bahkan lebih. Untuk kondisi yang lebih parah lagi adalah M0 sampai M1 yang berarti sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Gejala Kanker Ginjal

Penyakit kanker ginjal ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya tetapi ada beberapa faktor yang memicunya seperti halnya kelebihan berat badan. seseorang yang memiliki berat badan berlebihan lebih berisiko untuk menderita kanker ginjal bahkan yang mengalami obesitas. Ada pun faktor dari keluarga yang memang pernah penderita kanker ginjal, maka potensinya lebih besar lagi dibandingkan orang orang yang tidak memiliki riwayat keluarga yang memiliki kanker ginjal. seseorang yang menderita penyakit hipertensi pun lebih rentan karena ketika hipertensi maka kerja ginjal jauh lebih keras dibandingkan saat tekanan darah normal.

Terjadinya kanker ginjal pun bisa dipengaruhi oleh pengobatan gagal ginjal seperti pernah melakukan pengobatan dialisis atau pun karena efek samping obat yang digunakan. Untuk lebih memastikannya lagi maka sebaiknya cek kesehatan ginjal agar bisa tahu secara pasti. Untuk tahapan awal penyakit kanker ginjal biasanya tidak terlalu menonjol gejala kanker ginjal, tetapi ada juga beberapa gejala kanker ginjal yang akan dialami seperti berikut :

  • Gejala kanker ginjal bisa menyebabkan perubahan pada air seni atau urine yang dikeluarkan. Penderita kanker ginjal memiliki warna urine yang lebih gelap atau seperti bercampur dengan darah.
  • Gejala kanker ginjal menyebabkan berat badan turun secara perlahan lahan. Kebanyakan penderita kanker memang memiliki tubuh yang kurus karena ada penurunan berat badan secara perlahan lahan tanpa alasan yang jelas.
  • Gejala kanker ginjal bisa menyebabkan penderitanya sering mengalami kurang darah. pengaruh dari fungsi ginjal yang menurun sehingga akan menyebabkan anemia.
  • Gejala kanker ginjal membuat kondisi penderitanya lemah sehingga lebih mudah lelah.
  • Gejala kanker ginjal nafsu makan menghilang jadi badan lebih kurus.
  • Gejala kanker ginjal pada malam hari ada banyak keringat yang dikeluarkan oleh. Keringat berlebihan disebabkan fungsi ginjal yang sudah tidak berjalan dengan baik.
  • Gejala kanker ginjal tekanan darah yang tidak stabil tetapi lebih condong tinggi.
  • Gejala kanker ginjal pada pria menyebabkan pembengkakan pada testis jadi dapat langsung disadari jika ada perubahan yang tidak biasa.
  • Gejala kanker ginjal demam tinggi/

Jika sudah muncul gejala kanker ginjal seperti diatas ada baiknya jika memeriksakan kesehatan lebih lanjut untuk lebih memastikan. Pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui penyakit ginjal meliputi tes USG, Biopsi, CT scan, MRI scan, dan juga pemeriksaan dengan X-ray. Jika sudah di pastikan bahwa ada kanker di ginjal maka akan di tentukan pengobatannya. Pengobatan juga di tentukan dari tingkat keparahan. Biasanya tindakan operasi akan disarankan untuk mengobati kanker ginjal. jika kondisinya belum terlalu parah bisa melakukan pengobatan alternatif dengan bahan alami yang lebih aman dan terjangkau. (By:RM)

Gejala Kanker Ginjal


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Ginjal and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.